Selasa, 21 Mei 2013

Merah Putih Raksasa Berkibar di Pantai Lamaru Balikpapan

BALIKPAPAN - Ribuan pelajar dan warga Balikpapan, Kalimantan Timur, memadati Pantai Lamaru, Selasa (21/5). Mereka menyaksikan berkibarnya bendera Merah Putih berukuran raksasa yang disangga menara bambu setinggi 53 meter.

Kegiatan bertema 'Berkibarlah Benderaku 1.000 M2' itu digagas oleh SAR Hidayatullah dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional sekaligus menorehkan rekor dunia yang dicatat Record Holders Republic. Gubernur Kaltim Awang Farouk Ishak dan Ketua DPRD Kaltim Mukmin Faisal juga turut menyaksikan kegiatan itu.

Sejumlah pihak ikut mendukung. Antara lain Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim, Basarnas Balikpapan, Palang Merah Indonesia, Pramuka, Saka Bhayangkara, Gafatar, Slankers, pondok pesantren, kelompok tani dan nelayan, UKM, pencinta alam, PMR, dan OSIS.

Proses pengerjaan menara sebagai tempat pengibaran ini selama 10 hari dan menghabiskan 1.200 batang bambu. Batang-batang bambu itu tidak dipaku, melainkan ditali dengan sistem ikat yang menghabiskan dua ton tali. Sekitar 350 orang dilibatkan.

Ketua Bidang Diklat SAR Hidayatullah Syaharudin mengatakan, kegiatan itu juga untuk memecahkan rekor dunia menara pioneering yang sebelumnya dipegang Amerika Serikat dengan ketinggian 40 meter dan waktu pengerjaan 15 hari. Namun, proses pengibaran tidak bisa lama karena dikhawatirkan menara bambu dapat roboh akibat dorongan angin yang menerpa bendera raksasa itu.

“Rekor yang tercatat di Record Holders Republic (Inggris) itu skala dunia,"ucapnya.

Gubernur Kaltim Awang Farouk Ishak mengatakan mengibarkan bendera Merah Putih bukan hanya kebanggaan rakyat Kaltim tapi rakyat Indonesia. (Syahrul Karim)

Sumber: metrotvnews.com

SHARE THIS

Author:

Situs Berita Islam Balipapan merupakan situs yang memberitakan tentang dunia Islam dan umat Islam, berbagi informasi dan menyemarakkan dakwah / syiar Islamiyah.

0 komentar: