Selasa, 30 Juli 2013

Kerukunan Organisasi Masyarakat Pangkep (Kompak) dan Hotel New Benakutai Balikpapan Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an

BALIKPAPAN — Kerukunan Organisasi Masyarakat Pangkep (Kompak)  dan Hotel New Benakutai menggelar peringatan Nuzulul Quran yang digelar di ballroom hotel ini dan dihadiri warga masyarakat Sulawesi Selatandari berbagai pilar KKSS.

Kegiatan yang diawali dengan buka puasa bersama ini, dengan sambutan dari Ketua Badan Pengurus Wilayah  Kompak Kaltim, Drs KH M Idris, lalu dilanjutkan dengan zikir yang dipimpin oleh Drs Abdul Fatah hingga waktu berbuka.

Turut hadir pula Owner Hotel New Benakutai dan Fajar Grup, H Alwi Hamu, GM Hotel New Benakutai, Masse, para pengurus dari beberapa pilar KKSS, Azhari Halim Tika, Ketua Kerukunan Keluarga Besar Makasar (KKBM) yang menaungi  9 kabupaten yang ada di Sulsel, warga Kompak yang ada di Balikpapan.

Tema peringatan Nuzulul Quran yaitu tingkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT sebagai pondasi kita dalam mewujudkan kota Balikpapan dalam bingkai madinatul iman.

Dalam acara peringatan, yang menjadi imam salat tarawih yaitu Drs Abdul Fatah, sedangkan pembaca ayat suci Alquran, ibu Andi Batara.

Ustaz Idris dalam tausiyahnya menyebutkan bahwa Alquran yang diturunkan Allah SWT menjadi  sumber hukum yang paling aktual dijadikan pedoman hidup dan kehidupan, juga menjadi dasar peratuan dan per undang-undangan yang dibuat manusia, yaitu sunah Rasul.

“Selama 13 tahun masa kenabian dan kerasulan Muhammad SAW di kota Makah, Allah SWT menurunkan 86 surat, yang terdiri dari 5036 ayat, dan selama 10 tahun beliau di Madinah Allah SWT menurunkan 28 surat, dan 1630 ayat,” ujar Idris yang juga ketua Forum Komunikasi Majelis Taklim Kota Balikpapan ini.

Dan di dalam Alquran ada beberapa pokok hal yang perlu diperhatikan dan difahami oleh umat Islam di antaranya masalah aqidah dan keimanan,  masalah akhlakul karimah,  ibadah, syariah, da  sejarah.

“Masalah Aqidah dan keimanan didalam Alquran yaitu yang ada di dalam rukun iman enam, sedangkan ayat akhlak terpuji etika dijelaskan secara umum, juga dalam rukun Islam terkait kewajiban salat, zakat, puasa, hingga berhaji,” ujarnya.

 Berkenaan dengan unsur syariah yaitu aturan tentang kemanusiaan negara dan rakyat, baik di bidang sosial dan ekonomi, rukun perkawinan dan warisan, serta  hukum-hukum lainya, dan untuk sejarah Alquran menceritakan  perjuangan umat manusia terdahulu, perjalan negara dan bangsa-bangsa sebelum masa kenabian Muhammad SAW.

 Sementara itu, Masse GM Hotel Benakutai mewakili Owner berterima kasih atas kerjasama peringatan Nuzulul Quran di hotel New Benakutai dapat dihadiri oleh kaum muslimin dan muslimat anggota Kompak dan pilar KKSS di Balikpapan.

“Semoga kegiatan dan kerjasama ini menjadi ibadah yang berkah, seluruh doa dapat diijabah, dan tentunya kami berharap Hotel New Benakutai akan kembali pada kejayaan beberapa tahun lalu sebagai hotel pertama di Kaltim dan mendukun kegiatan MICE kota Balikpapan,” harapnya. (*/han)

Sumber: Balikpapanpos

SHARE THIS

Author:

Situs Berita Islam Balipapan merupakan situs yang memberitakan tentang dunia Islam dan umat Islam, berbagi informasi dan menyemarakkan dakwah / syiar Islamiyah.

0 komentar: