Senin, 22 Juli 2013

Morsi Minta Dilepaskan, Militer Mesir Serahkan kepada Rakyat

KAIRO - Harian Mesir elwatan menuliskan bahwa Dr. Muhammad Morsi, mantan presiden Mesir, mengirim sebuah surat kepada Dewan Pimpinan Militer melalui salah satu konsultannya yang saat ini ikut bersamanya di salah tempat tahanan militer. Dalam surat tersebut Morsi meminta untuk dimaafkan dan dibebaskan dari tahanan saat ini. Jika hal itu dipenui maka dia berjanji akan meninggalkan Mesir bersama anak-anak dan istrinya, serta mengajak seluruh pendukungnya meninggalkan tempat-tempat demonstrasi saat ini dan kembali ke rumah mereka masing-masing. Di salam surat tersebut Morsi juga meminta Dewan Militer membebaskan seluruh tokoh Ikhwanul Muslimin yang ditawan, dan meminta Militer berjanji tidak akan membawa kasusnya ke meja hijau.

Menurut sumber terpecaya, surat Morsi tersebut ditolak mentah-mentah oleh Dewan Militer. Militer membalas surat tersebut dan menyatakan bahwa rakyat Mesir adalah pemegang keputusan dalam hal itu, dan Morsi akan diseret ke meja hijau karena beberapa kasus hukum.

Pihak intelejen dan keamanan Mesir sedang mendata berbagai tuduhan dan tindak kriminalitas yang dilakukan oleh Morsi selama setahun memimpin Mesir, dan pasca lengsernya. Tuduhan-tuduhan tersebut akan dibarengi dengan bukti-bukti kuat, utamanya tindakannya membocorkan rahasia negara ke beberapa negara, khususnya Inggris, dimana Morsi memberikan informasi ke pihak Inggris yang dapat mengancam stabilitas keamanan Mesir. Diantaranya juga, Morsi telah memberikan informasi kepada pihak luar tentang persenjataan Militer Mesir, pergerakannya, dan politik luar negeri Mesir.

Sebuah sumber mengatakan bahwa berkas tuntutan kepada Morsi yang akan diberikan kepada pihak investigasi hukum beberapa hari ke depan berisi mengenai rekaman percakapan Morsi dan para pimpinan Hamas Palestina. Percakapan tersebut mengungkap bahwa Morsi terlibat dalam penyebaran kelompok bersenjata dan jihadis di wilayah Sinai. Mereka semua masuk ke wilayah Mesir dengan sepengetahuan Morsi. Demikian juga, berkas tuntutan tersebut berisi tentang tuduhan-tuduhan terhadap Morsi bahwa dirinya telah membocorkan rahasia negara ke Amerika, saat pertemuannya dengan Duta Besar Amerika untuk Mesir. (elwatan/asm/mosleminfo.com/islambalikpapan.com).

SHARE THIS

Author:

Situs Berita Islam Balipapan merupakan situs yang memberitakan tentang dunia Islam dan umat Islam, berbagi informasi dan menyemarakkan dakwah / syiar Islamiyah.

0 komentar: