Kamis, 18 Juli 2013

Ratusan Lansia Buka Bersama Tim Penggerak PKK Kota Balikpapan-Blue Sky Hotel

BALIKPAPAN - Di tengah-tengah keramaian berbagi dengan kaum dhuafa, mayoritas lebih memilih untuk menggandeng anak yatim. Namun, karena menganggap masih banyak warga lanjut usia (lansia) yang juga membutuhkan santunan, Tim Penggerak PKK Kota Balikpapan bekerjasama dengan Blue Sky Hotel menggelar acara buka puasa bareng lansia.

Selasa (16/7) kemarin, sebanyak 150 lansia dari 34 kelurahan se-Balikpapan mengikuti buka puasa bersama di Ruang Kaltim, Hotel Blue Sky Balikpapan. Tampak Wali Kota Rizal Effendi, Danlanal Balikpapan, jajaran Polres dan Kodim hingga camat dan lurah hadir.

Dari acara tersebut, Ketua TP PKK Kota Balikpapan, Hj Arita Rizal Effendi mengungkapkan bagwa jika kegiatan ini merupakan agenda rutin TP PKK Kota Kota Balikpapan. “Kita menghargai sesepuh kita, selain mengajak berbuka, juga ada santunan,” ungkap wanita yang tak lain merupakan istri Wali Kota Rizal Effendi ini.

Arita memaparkan jika agenda ini juga sekaligus sebagai tahapan untuk mengajak perusahaan-perusahaan dan masyarakat luas peduli terkait keberadaan lansia. Seperti mengutamakan masalah kesehatan, pelayanan juga pembekalan keterampilan yang sudah dimulai oleh PKK kepada para lansia tersebut dalam kurun waktu terakhir.

Bahkan, Balikpapan kini tengah menuju kota laik lansia. “Lansia di atas usia 60 tahun, kita nomor satukan. Kita semua akan menjadi lansia, akan kita lengkapi fasilitas bagi lansia dan penyandang cacat,” papar Wali Kota Rizal Effendi dalam sambutannya.

Disebutkan Rizal, dalam waktu dekat ini akan dibuatkan sarana khusus bagi lansia dan penyandang cacat, khususnya di tempat umum dan balaikota. Orang nomor satu di Kota Minyak ini bahkan sempat mengenang masa pelantikannya yang memakan korban jiwa seorang lansia karena kelelahan saat menaiki tangga di Balaikota.

“Saya benar-benar merasa berdosa, dan kali inilah yang mendorong saya. Juga akan kami usahakan agar bagaimana lansia ini tetap terlihat produktif, dengan mengajak perusahaan memberikan peluang pekerjaan bagi lansia,” tandasnya.

Dalam momen itu pula, Rizal tak henti-hentinya mengimbau kepada tamu undangan untuk waspada terhadap bencana kebakaran. Begitu pula untuk menyegerakan warga melakukan pembayaran zakat fitrah yang dapat dilakukan melalui berbagai pihak, termasuk Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Kota Balikpapan.

Sementara itu, General Manager Hotel Blue Sky, Joko Budi Jaya mengaku jika pihaknya sendiri memang rutin mengagendakan kegiatan seperti ini bersama PKK. Namun di tahun ini kali pertama bekerjasama dengan PKK Kota.

Selain mengajak para lansia dan tamu undangan menyantap buka puasa bersama, Hotel Blue Sky juga memberikan beberapa bantuan kepada warga dengan terjun langsung ke lokasi gakin melalui program Paket Ceria Ramadan (PCR) bersama Balikpapan Pos. “Kalau itu kami dibantu rekan-rekan wartawan, turun langsung dan melihat situasi yang memang sangat membutuhkan,” sebutnya.

Berkenaan dengan round down menjelang ultah Hotel Blue Sky ke-40, dikatakannya jika even ini bagian dari rangkaikan kegiatan tahunan di bidang sosial. Kegiatan lainnya seperti penanaman mangrove di Hutan Margomulyo.(rem/balikpapanpos)

SHARE THIS

Author:

Situs Berita Islam Balipapan merupakan situs yang memberitakan tentang dunia Islam dan umat Islam, berbagi informasi dan menyemarakkan dakwah / syiar Islamiyah.

0 komentar: