Minggu, 10 Agustus 2014

Beredar Selebaran Ajakan Bergabung ISIS di Kota Balikpapan

Kekhawatiran masuknya organisasi Negara Islam Irak dan Siria (Islamic State Iraq and Siria/ISIS) hingga ke wilayah Kalimantan Timur, khususnya Kota Balikpapan ternyata terbukti. Saat ini, beredar selebaran yang mengajak umat Islam bergabung dalam gerakan separatis tersebut.

Selebaran setebal kurang lebih 10 halaman itu berisi tulisan Arab yang secara umum mengajak umat Islam di Balikpapan untuk bisa bergabung dan berjuang di bawah bendera ISIS. Adanya  selebaran yang dicurigai merupakan hasil karya anggota ISIS tersebut disampaikan Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Balikpapan M Jailani saat ditemui wartawan, Jumat, (8/8).

Jailani mengungkapkan terkuaknya selebaran ISIS di Balikpapan berawal ketika Ketua Bidang Kerukunan Umat Beragama MUI Kota Balikpapan Abdul Muis menemukan adanya selebaran yang mencurigakan.

Setelah dibaca dan dipelajari secara teliti, ternyata isinya secara implisit mengajak kepada umat muslim bergabung dengan organisasi seperatis yang berasal dari Suriah tersebut. Dari situlah kemudian Abdul Muis langsung memerintahkan memperbanyak berapa lembar dan disebarkan secara internal untuk dipelajari sekaligus dibicarakan dalam skala lebih luas.

"Ini Ketua MUI Bidang Kerukunan Umat Beragama (pak Muis) yang terima,  kemarin dikirim ke saya untuk bisa digandakan besok (hari ini) kita akan bahas," katanya.

Salah satu poin dalam selebaran yang ditemukan itu adalah mengabarkan kepada masyarakat tentang pendeklarasian Khilafah Islamiyyah yang sudah berdiri sejak 1 Ramadhan kemarin, dan mengajak umat muslim bergabung di dalamnya.

Sayangnya sampai saat ini MUI Balikpapan belum bisa memastikan siapa orang-orang di balik pembuat selebaran tersebut sekaligus yang mengedarkan. "Isi selebarannya mengajak masyarakat, khususnya umat Islam bergabung pada deklarasi Khilafah Islamiyyah yang menurut mereka 1 Ramadhan 1435 H sudah didirikan," jelas Jailani.

MUI menanggapi masalah tersebut secara serius, salah satunya dengan menggelar pertemuan bersama sejumlah unsur terkait, antara lain kepolisian, seluruh ormas Islam termasuk pondok pesantren yang ada di Balikpapan. Pertemuan rencananya akan dilangsungkan pada Sabtu malam (9/8) di Hotel Pacific sekitar pukul 20.00. (*)

TribunKaltim


SHARE THIS

Author:

Situs Berita Islam Balipapan merupakan situs yang memberitakan tentang dunia Islam dan umat Islam, berbagi informasi dan menyemarakkan dakwah / syiar Islamiyah.

0 komentar: