Jumat, 29 Agustus 2014

Diskominfo Kaltim Dorong Instansi Pemerintah Bentuk Media Center

BALIKPAPAN -  Melalui Rapat Koordinasi (Rakor) Media Center se-Kaltim dan Kaltara di Ballroom Hotel Swissbell Balcony, Kamis (28/8) kemarin, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim mendorong seluruh instansi pemerintahan untuk segera membentuk media center lingkup instansi masing-masing.

Dengan harapan agar instansi pemerintah memiliki petugas khusus pengelola dan penyedia informasi.

“Keberadaan media center pada era kemajuan teknologi informasi (TI) seperti sekarang sangat dibutuhkan untuk menunjang peran penyebarluasan informasi. Pada suatu ketika ada kebijakan yang harus disebarluaskan untuk diketahui masyarakat,” tegas Kepala Diskominfo Kaltim, Abdullah Sani yang menjadi moderator acara tersebut.

Menurut Sani, media center dapat difungsikan sebagai ruang promosi informasi tentang kebijakan pembangunan lingkup instansi bersangkutan. Di samping memudahkan masyarakat memperoleh informasi dengan mudah dan cepat karena informasinya sudah disediakan di media center.

Itu sebabnya, perlu ditunjang peran petugas kehumasan maupun pejabat pengelola infomasi dan dokumentasi (PPID) profesional, sehingga saat wartawan datang ke media center sudah punya gambaran informasi yang dibutuhkan sebelum wawancara pimpinan instansi.

“Yang tidak kalah pentingnya pengelola media center harus mampu menyajikan informasi akurat secara cepat melalui website instansinya,” sebutnya.

Sedangkan berkaitan peningkatan kualitas pengelolaan media center instansi pemerintahan, mantan Kepala Biro Pembangunan Daerah (Bangda) Setprov Kaltim ini mengaku akan melakukan penilaian media center terbaik pada 2015. Tujuannya untuk memacu pengelola media center meningkatkan kualitas pengelolaannya.

“Kita akan berikan penghargaan media center terbaik yang di dalamnya meliputi pengelolaan website dan PPID. Bila perlu kita akan berikan penghargaan dari gubernur berupa panji-panji keberhasilan pembangunan bidang kominfo pada peringatan HUT Pemprov Kaltim,” akunya.

Untuk diketahui, rakor media center diikuti 150 peserta pengelola media center SKPD lingkup Kaltim dan kabupaten/kota se Kaltim dan Kaltara. Rakor menghadirkan narasumber Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa, Henri Subiakto dengan tema “Peran Media Center di Era Digital”, dan Manager Pro Bisnis Kaltim Post, Lauhil Machfuds dengan tema “Cerdas Memilih Informasi di Era Digital.

“Kita sedang menghadapi masa globalisasi, di mana siapapun bisa membuat informasi. Terlebih dengan adanya jejarin sosial,” ujar Henri Subiakto.

Lebih lanjut Henri menegaskan, masyarakat harus lebih pandai dalam memilah sumber informasi. Menyangkut mudahnya membuat akun jejaring sosial, sehingga tidak diketahui secara pasti siapa penulis dari akun-akun tersebut. “Jika akun tersebut resmi, saat ada kesalahan, kita bisa melapor. Tapi saat kita tidak tahu siapa pemegang akun tersebut, pada siapa kita akan melapor? Saat ini jumlah fake account sangat banyak,” pungkas Henri. (rem)

http://www.balikpapanpos.co.id/index.php?mib=berita.detail&id=134535

SHARE THIS

Author:

Situs Berita Islam Balipapan merupakan situs yang memberitakan tentang dunia Islam dan umat Islam, berbagi informasi dan menyemarakkan dakwah / syiar Islamiyah.

0 komentar: