Jumat, 29 Agustus 2014

MES Balikpapan Ajak Masyarakat Berasuransi Syariah

Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Balikpapan menggelar seminar nasional berjudul “Ayo!! Berasuransi Syariah di Hotel Sagita, Balikpapan pada Kamis (28/8) pagi. . Acara ini diikuti sekitar 240 peserta dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum dari Balikpapan, Sangata, Banjarmasin dan Samarinda.

Sekretaris MES Balikpapan Bambang Saputra menyebutkan, pertumbuhan  berasuransi syariah di Balikpapan mencapai 43 persen, atau lebih tinggi dibanding asuransi konvensional sebesar 20 persen.  Angka ini menunjukan animo masyarakat Balikpapan untuk berinvestasi di asuransi berbasis syariah cukup baik.

“Market share asuransi syariah di Balikpapan sebesar 4 persen. Sehingga melalui acara ini kami berharap masyarakat bias berasuransi di syariah karena selain ada nilai dakwah didalamnya, juga mengajak masyarakat untuk peduli dengan masa depan pendidikan dan kesehatan,” terang Bambang kepada IDCFM.

Sementara itu Konsultan ekonomi syariah, Muhammad Syakir Sula menjelaskan, dari segi asal usul, asuransi syariah merupakan tradisi Al-Qilah suku Arab pra islam yang kemudian disahkan menjadi hukum islam dan tertuang dalam piagam madinah yang dibuat langsung oleh Rasulullah. Sementara asuransi konvensional, lanjutnya, bersumber dari masyarakat Babilonia 4000-3000 SM yang dikenal dengan perjanjian Hammubari. Dan pada 1668 M di Coffe House London sebagai cikal bakal asuransi konvensional.

Karakteristik marketing syariah sendiri terdiri atas 5 karakter yaitu Teistis (Robbaniyyah), Etis (Akhlaqiyyah), Realistis (Waqi’iyyah), Humanistik (Insaniyyah) dan Kaffalis (Syumuliyyah). Penulis buku best seller “Marketing Syariah” ini juga menuturkan marketing syariah bersifat religius, yakni meyakini bahwa hukum-hukum yang teitis adalah hukum yang sempurna dan paling mampu mewujudkan kebenaran dan menyebarluaskan kemaslahatan.

“Marketing syariah meyakini Allah SWT akan meminta pertanggungan jawaban kelak pada hari kiamat,” ujar , Muhammad Syakir Sula.

Pemateri lain adalah Head of Emerging Consumers Business Development PT Allianz Life Indonesia, E. Yoga Prasetyo, yang menyampaikan materi berjudul Asuransi Mikro dan Asuransi Mikro Syariah. Pembicara terakhir Kepala Bagian Pengembangan dan Pengaturan Perasuransian dan Dana Pensiun Syariah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Rina Cakti Yuliani. Rina memberi materi mengenai Arah Kebijakan Pengembangan Asuransi Syariah di Indonesia.(*)

IDCFM

SHARE THIS

Author:

Situs Berita Islam Balipapan merupakan situs yang memberitakan tentang dunia Islam dan umat Islam, berbagi informasi dan menyemarakkan dakwah / syiar Islamiyah.

0 komentar: