Rabu, 20 Agustus 2014

NU Banyuanyar Gelar Kajian Kitab Sullam Safinah

Sebagai upaya untuk memberikan ilmu pengetahuan tentang tata cara shalat dan ibadah-ibadah lain sesuai dengan Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja), Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, menggelar kajian kitab Sullamut Taufiq dan Safinatun Naja atau akrab disebut “Sullam Safinah”, Senin (18/8) malam.

Kajian kitab Sullam Safinah yang digelar di Ranting NU Desa Pendil ini diikuti oleh seluruh pengurus NU mulai dari lembaga, lajnah maupun badan otonom NU di Desa Pendil Kecamatan Banyuanyar. Tidak hanya itu, kajian ini juga diikuti oleh para pengurus MWCNU, Ranting NU, takmir masjid dan musholla serta guru ngaji.

Tidak sekadar materi saja, tetapi dalam kesempatan tersebut juga dilakukan tanya jawab dan diskusi yang berkaitan dengan tema yang sedang dibahas dalam kitab tersebut.

“Kitab Sullam Safinah ini banyak berisi ilmu tentang berbagai macam ibadah mulai dari shalat, puasa, zakat, haji, muamalah hingga jihad,” ungkap Ketua Tanfidziyah MWCNU Kecamatan Banyuanyar Toha.

Menurut Toha, penyaji dalam kajian kitab Sullam Safinah ini berasal dari jajaran Mustasyar dan pengurus Syuriyah MWCNU Kecamatan Banyuanyar mulai dari KH Ghozali Bahar, KH Mahfudz, KH Zainal Abidin, KH Fahrurrozi, KH Fahmi Hafid, KH Rifa’i Maksum, KH Hilmi, KH Sufyan Bahrawi.

“Pembahasannya difokuskan mulai dari shalat hingga jihad. Tujuan utama dari kajian kitab Sullam Safinah ini adalah untuk mempertahankan ajaran Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) di kalangan warga NU,” jelasnya.

Melalui kajian kitab Sullam Safinah ini Toha mengharapkan ada pemahaman yang sama dalam menjalankan ibadah sesuai dengan tuntutan dan aqidah Ahlussunnah wal Jamaah. Namun yang paling penting lagi, masyarakat dapat menularkan ilmu yang didapatkannya di lingkungannya masing-masing.

“Semoga dengan mengikuti kajian kitab Sullam Safinah ini masyarakat dapat melaksanakan ibadah dengan khusyu, baik dan benar sesuai dengan ajaran Ahlussunnah wal Jamaah an Nahdliyah,” pungkasnya. (Syamsul Akbar/Mahbib/nuon)

SHARE THIS

Author:

Situs Berita Islam Balipapan merupakan situs yang memberitakan tentang dunia Islam dan umat Islam, berbagi informasi dan menyemarakkan dakwah / syiar Islamiyah.

0 komentar: