Jumat, 05 September 2014

Embarkasi Haji Balikpapan hanya Sediakan 6 Asrama Penginapan

Akomodasi bagi jamaah calon haji (calhaj) merupakan kebutuhan dasar yang tidak boleh diabaikan. Fasilitas akomodasi yang nyaman tentu akan memberikan dampak positif bagi kesehatan dan psikologis jamaah. Hal ini pula yang terus menjadi perhatian Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di Embarkasi Manggar, Balikpapan.

Pada tahun ini, panitia hanya menyediakan enam asrama penginapan di embarkasi. Jumlah ini berkurang dibanding tahun lalu yang memanfaatkan seluruh gedung asrama yang berjumlah 10 unit. Pengurangan asrama dikarenakan jumlah jamaah juga lebih sedikit, imbas pemotongan kuota 20 persen dari pemerintah Arab Saudi.

H. Faisal Sani, Kabid Akomodasi dan Konsumsi PPIH Embarkasi Manggar menuturkan, masing-masing asrama penginapan mampu menampung enam hingga 10 jamaah. Fasilitasnya pun cukup lengkap, tersedia spring bed, kamar mandi dalam ruangan, televisi, lemari dan ruangan full AC.

"Keberadaan jamaah di asrama penginapan itu berkisar 18 jam, sehingga kita harus menyiapkan fasilitas yang maksimal demi kenyamanan mereka," ujarnya, Kamis (4/9/2014).

Faisal juga menjamin, ketersediaan asrama penginapan cukup untuk menampung jamaah. Mengingat jarak masuknya kloter ke embarkasi cukup rapi. "Kemungkinan hanya di kloter 11 yang terjadi penumpukan jamaah, karena di situ terhimpun jamaah dari wilayah utara Kalimantan. Mau tidak mau mereka harus datang lebih awal, sehingga kita berikan penginapan ekstra selama satu malam," tandasnya. (kaltimtribun)

SHARE THIS

Author:

Situs Berita Islam Balipapan merupakan situs yang memberitakan tentang dunia Islam dan umat Islam, berbagi informasi dan menyemarakkan dakwah / syiar Islamiyah.

0 komentar: