Kamis, 02 Oktober 2014

Jamaah Tarwiyah asal Balikpapan Tiba di Mina

Jamaah haji Indonesia yang mengikuti sunnah Tarwiyah mulai tiba di Mina, Rabu (1/10/2014) malam Waktu Arab Saudi (WAS). Rombongan diberangkatkan pukul 19.30 WAS dari pemondokan.

Tarwiyah merupakan napak tilas haji Rasulullaah SAW, dimana pelaksanaan haji diawali dengan bermalam di Mina mulai waktu dzuhur tanggal 8 Dzulhijjah sampai subuh hari tanggal 9 Dzulhijjah. Setelah itu baru jamaah bergerak ke Arafah. Sedangkan jamaah Indonesia umumnya sudah bergerak ke Arafah tanggal 8 Dzulhijjah.

Ketua rombongan jamaah kloter 1 Balikpapan, Sugeng, mengatakan saat ini jamaah yang mengikuti tarwiyah sudah tiba di Mina.

"Kami menempati maktab 36. Di maktab ini kami akan bergabung dengan jamaah dari Medan," katanya via pesan singkat.

Namun karena perjalanan yang macet, baru 66 orang dari kloter Balikpapan yang tiba di Mina. "Baru 66 yang tiba. Sementara jalan di Jumaizah macet total. Itu yang mnjadi masalah dalam penjemputan tarwiyah dari maktab 36," kata Sugeng, yang bertarwiyah bersama rombongan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Ar-Rahman, Balikpapan.

Bus tiba di pemondokan F-03, di daerah Distrik Jumaizah, tepat pukul 19.00 WAS. Namun karena perjalanan macet total, rombongan baru tiba di Mina pukul 21.00 WAS.

"Setelah mengantar kami, bus meluncur lagi untuk menjemput 11 orang yang lain. Tetapi karena jalan macet di seputaran jalan menuju Masjidil Haram dan Distrik Jumaizah, hingga pukul 22.00 jamaah Balikpapan yang tersisa 11 orang belum terangkut," katanya. Sugeng mengatakan, hal ini terjadi karena kondisi perjalanan yang memang tidak dapat diprediksi.

"Untuk jamaah dari kloter lain, ada yang sudah tiba di Mina. Pengangkutan jamaah tarwiyah dimulai Rabu sore pukul 15.00 WAS hingga 24.00 WAS," katanya.

Setelah pukul 24.00 WAS, bus naqabah akan kembali menuju posko untuk mengangkut jamaah Indonesia yang tidak mengikuti tarwiyah, Kamis (2/10/2014), mulai pukul 13.00 WAS. Rute perjalanan langsung dari pemondokan ke Arafah. (*/palingaktual.com)

SHARE THIS

Author:

Situs Berita Islam Balipapan merupakan situs yang memberitakan tentang dunia Islam dan umat Islam, berbagi informasi dan menyemarakkan dakwah / syiar Islamiyah.

0 komentar: