Sabtu, 04 Oktober 2014

Muhammadiyah Balikpapan Sediakan 7 Tempat Salat Idul Adha

Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Balikpapan telah menyiapkan 7 lokasi untuk pelaksanaan salat Idhul Adha 1435 H. Yakni di halaman Masjid Tarbiyah Gunung Kawi, halaman Masjid Nurul Hijrah Km 23 Karang Joang, halaman Ponpes Al Muhajiddin Km 10 Karang Joang, halaman Bank Bukopin Balikpapan Permai, halaman Masjid Ar Taubah Kampung Baru, halaman Masjid Ihsya’us Sunnah Kampung Baru dan halaman Masjid Ahmad Dahlan Manggar. (lengkapnya lihat boks) Ketua PDM Kota Balikpapan KH Rusdiman didampingi Wakilnya KH Manaf Al Ghanie mengatakan, pelaksanaan salat Idul Adha digelar hari Sabtu (4/9) mendatang.

“Kami Muhammadiyah telah menetapkan hari raya Idhul Adha 1435 H jatuh hari Sabtu tanggal 4 Oktober. Karena di Arafah wukuf tanggal 3 Oktober, berarti tanggal 4 Oktober sudah lebaran haji (Idul Adha), sehingga dilaksanakan salat Ied,” ujar KH Manaf Al Ghanie kepada Balikpapan Pos,malam tadi. Dia pun mengimbau agar kaum Muhammadiyah berbondong-bondong menuju 7 tempat yang disediakan untuk pelaksanaan salat Idul Adha, selanjutnya dilaksanakan penyembelihan hewan qurban.

Dijelaskan Kh Manaf Al Ghanie, pimpinan pusat Muhammadiyah telah mengeluarkan maklumat nomor 02/MLM/1.0/E/2014 tentang penetapan hasil hisap Ramadan, Syawal dan Zulhijah yang menegaskan bahwa hari raya Idul Adha jatuh pada hari Sabtu, 4 Oktober 2014. Penentuan itu berdasarkan perhitungan hisab atau dikenal dengan hisab hakiki yang dilakukan Majelis Tarjih Muhammadiyah.

Metoda yang digunakan Muhammadiyah adalah hisab hakiki, metode yang berpatokan pada gerak benda langit, khususnya matahari dan bulan sebenarnya. Dalam siaran pers yang ditandatangani Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof DR HM Din Syamsuddin MA, ada tiga kriteria wujudul-hilal sudah terpenuhi.

Ketiganya yakni, harus sudah terjadi ijtima (konjungsi) antara bulan dan matahari, ijtima terjadi sebelum terbenam matahari, dan ketika matahari terbenam bulan belum terbenam, atau bulan masih berada di atas ufuk. Pada Idul Adha tahun ini, ijtimak menjelang bulan Dzulhijah 1435 H terjadi pada Rabu Legi, 24 September 2014 pukul 13:15:45 WIB atau pukul 09:15:45 Waktu Arab Saudi, karena selisih waktu WIB dengan Arab Saudi adalah empat jam. Ijtimak terjadi pada siang hari di Yogyakarta yang berarti ijtimak terjadi sebelum terbenam matahari di daerah itu.

Hal itu menunjukkan, kriteria pertama dan kriteria kedua wujudul-hilal sudah terpenuhi, yakni terbenam matahari di Yogyakarta, Rabu (24/9) pukul 17:35:30 WIB, sehingga umur bulan pada saat itu 04 jam 19 menit 45 detik. Untuk kriteria ketiga juga sudah terpenuhi karena berdasarkan perhitungan tersebut, pada saat terbenam matahari di Yogyakarta, 24 September 2014, bulan masih di atas ufuk dengan ketinggian 0.30.04. Hal itu berarti, saat matahari terbenam, bulan belum terbenam, sehingga hilal.(ono)

Sumber : balikpapanpost.co.id

SHARE THIS

Author:

Situs Berita Islam Balipapan merupakan situs yang memberitakan tentang dunia Islam dan umat Islam, berbagi informasi dan menyemarakkan dakwah / syiar Islamiyah.

0 komentar: